Jumat, 07 Mei 2010

ILMU PELAYAN DATAR

tujuan mempelajari ilmu pelayaran datar ini antara lain:

1.
menentukan tempat kedudukan,dimana kapal berada dipermukaan bumi.
2.
memepalajari serta menetapkan jalan/route yang harus di tempuh,agar kapal dengan aman,cepat,evisien,ekonomis serta selamat di tempat tujuan.

atau dengan kata lain:

*
menentukan haluan antara titik tolak/tempat tolak dan titik tiba/tampat tiba sehingga jauh/jaraknya dapat di tentukan juga.
*
menentukan tempat atau titik tiba(duga)bila mana tempat /titik tolak,haluan dan jauh nya di ketahui.

BENTUK DAN UKURAN BUMI

BENTUK:bumi adalah benda yang bergerak bebes di ruang angkasa dan berbentuk seperti bola,yang mengintari serta berputar pada porosnya,satu kali putaran dalam jangka waktu 23 jam 56 menit 4 detik.

UKURAN BUMI:

adapun pengukuran terdiri dari:

* bagian astronomis:menentukan delta lintang antara dua buah titik pada drejah yang sama.
* bagian bumiawi:menentukan jarak antara kedua titik tersebut.cara dengan jalan mengukur langsung sebuah garis lurus tertentu(basis)dan selanjutnya dengan pengukuran segitiga(triangulasi).maka pada bumi yang berbentuk bola kita dapati:

(delta lintang:360=jarak:keliling

kliling derajat 360/delta lintang x jarak

DEVINISI-DEVINISI LINGKARAN DI BUMI

1. Poros bumi:garis menengah bola,keliling mana bumi berputar dalam satu hari atau ialah sebuah garismelalui pusat bumi yang juga sumber putar bumi.poros bumi memotong permukaan bumi pada dua tempat yaitu kutub utara dan kutub selatan
2. Kutub-Kutub ialah titik potong poros bumi dengan permukaan bumi.
3. Katulistiwa:lingkaran besar pada jarak 90 derajat tegak lurus dari kutub-kutub.irisan permukaan bumi dengan bidang yang melalui titik pusatbimi tegak lurus poros bumi.sebuah lingkaran besar di bumi,dimana titik dari padanya sama jauh dari kedua kutubnya.
4. lingkaran besar:ialah lingkaran yang membagi bola menjadi 2 bagianyang sama besar.
5. lingkaran kecil:ialah lingkaran yang membagi bola manjadi 2 bagian yang sama besar.titik pusat lingkaran tidak berimpit dengan titik pusat bola.
6. jajar:lingkaran kecil yang sejajar dengan katulistiwa.sebuah lingkaran di bumi yang di tarik sejajar dengan katulistiwa(evenaar,line,equator,garis malam sama)
7. derajah:lingkaran-lingkaran besar yang melalui kutub utara dan kutub selatan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar